Hingga Kini, Sudah 36 Aduan Masuk Terkait Pendaftaran CPNS

Aduan terkait pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pelan-pelan sudah mulai masuk di Dnas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Parepare, hingga hari ini, Kamis 14 November 2019, tercatat paling tidak sudah 36 aduan yang masuk, baik melalui nomor pengaduan 0811 415 227 maupun pengaduan langsung di ruang konsultasi dan pengaduan.

‘’Ada banyak yang mengadu melalui nomor pengaduan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, ada juga yang datang langsung di ruang konsultasi dan pengaduan, sampai saat ini sudah 36 pengaduan yang masuk,’’ kata Achmad Kitzal, SE, Administrator Database Kependudukan Kota Parepare.

Adapun aduan yang masuk antara lain adanya ketidak sesuaian data antara KTP-el dan Kartu Keluarga, biasanya masalah ini muncul karena penduduk yang bersangkutan baru saja melakukan perubahan KK sehingga nomor KK lama yang masih terdata dalam database SSCN BKN, biasanya untuk masalah ini, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Parepare akan melakukan up date data penduduk yang bersangkutan ke aplikasi data warehouse milik Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemnterian Dalam Negeri.

Aduan lain yang masuk juga penduduk pindah datang dari luar daerah ke Kota Parepare, tetapi saat mendaftar di portal SSCN BKN, alamat yang terdaftar masih di daerah asal. Untuk masalah ini, Disdukcapil juga melakukan up date data ke aplikasi data warehouse Dirjen Dukcapil Kemendagri.

Selain itu, juga biasanya terkait nama yang tidak pas antara ijazah dengan dokumen kependudukan, misalnya nama di ijazah Muh. Anas tetapi nama di KTP-el dan KK Muhammad Anas. Biasanya untuk kasus seperti ini, kami meminta untuk segera melakukan perbaikan dokumen kependudukan untuk kemudian di up date dalam aplikasi data warehouse Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam negeri.

‘’Insya Allah semua aduan yang masuk kami tangani sehingga kendala yang dihadapi saat mendaftar CPNS bisa teratasi, selain melalui nomor pengaduan, pelamar CPNS juga bisa datang langsung ke kantor atau bisa juga melalui media sosial Disdukcapil,’’ kata Saifullah, SIP, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Parepare.

Footer With Address And Phones