Kartu Identitas Anak

Disdukcapil Sudah Cetak 26 Ribu Kartu Identitas Anak

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Parepare terus berupaya meningkatkan kepemilikan Kartu Identitas Anak (KIA). Hingga saat ini Disdukcapil Kota Parepare sudah mencetak 26.479 keping KIA, termasuk melakukan pencetakan 211 keping KIA dalam tiga hari terakhir di kegiatan TP Festival yang berlangsung di Alun-alun Lapangan Andi Makassau.

‘’Alhamdulillah, saat ini kepemilikan KIA sudah mencapai 53,88 persen, kami akan terus bekerja untuk meningkatkan kepemilikan dokumen ini, makanya tiap hari selama TP Festival, operator kami siap siaga di stand Dukcapil,’’ kata Adi Hidayah Saputra, SSTP, Plt. Kepala Dinas Dukcapil.

Selain melakukan kegiatan perekaman, Dinas Dukcapil juga langsung melakukan pencetakan KIA di Stand Pameran, sehingga anak yang ingin datang membuat KIA di Stand Dukcapil cukup membawa foto copi Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran. Begitu data di Kartu Keluarga dan Akta sesuai, petugas Dukcapil langsung melakukan perekaman dan pencetakan KIA.

‘’Selama TP Festival ini, penduduk yang mengurus KIA lebih banyak yang datang di stand kami ketimbang mengurus penerbitan di kantor kami,’’ tambah Adi Hidayah.

Warga leluasa melakukan penerbitan KIA di stand Dukcapil sebab, anak yang ingin mendapatkan KIA bisa datang di luar jam sekolah. Sehingga tidak mengganggu jam sekolah siswa.

‘’Mereka yang tidak punya kesempatan di jam kantor kebanyakan datang mengurus dan menerbitkan KIA-nya di stand pameran, lumayan, rata-rata setiap malam ada sekitar 60 anak yang kami terbitkan KIA-nya,’’ jelas Andi Made Ali, Kepala Seksi Identitas Penduduk Dukcapil Kota Parepare.

Di antara dokumen administrasi kependudukan lainnya, kepemilikan KIA memang termasuk rendah dibandingkan dokumen lainnya, sebab KIA sendiri merupakan produk baru Dukcapil yang penerbitannya mulai efektif berlaku Tahun 2019, sehingga untuk mempercepat naiknya kepemilikan KIA, Dukcapil Kota Parepare gencar turun ke lapangan melakukan perekaman jemput bola ke sekolah-sekolah, kelurahan dan juga termasuk di stand pameran TP Fest ini.

‘’Kami optimis bisa mencapai target, mudah-mudahan Tahun 2020 ini kepemilikan KIA sudah di atas 90 persen, atau paling tidak di bulan April atau Mei sudah mencapai 70 sampai 80 persen lebih,’’ kata Adi Hidayah optimis.

Mengingat tingginya animo masyarakat mengurus KIA saat ini, Dukcapil Parepare tentunya berharap hal itu bisa terwujud. Semoga!

Footer With Address And Phones