Sudah Rekam atau Masih Pegang Suket, Ayo Ambil KTP-elmu di Dukcapil Sekarang

Jika sudah melakukan perekaman KTP-el tapi belum memiliki fisiknya atau sudah merekam tapi masih memegang Surat Keterangan pengganti KTP-el, kami sarankan untuk segera ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Parepare saat ini juga. Tukar Suketmu dengan KTP-el.

‘’Kalau masih ada penduduk yang sudah merekam tapi belum mengambil fisik KTP-el-nya, ayo segera ke Dukcapil Kota Parepare, kami tetap buka setiap hari selama masa pandemi ini,’’ kata Adi Hidayah Saputra, S.STP, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Parepare.

Saat ini stok blangko dan ribbon untuk mencetak KTP-el masih cukup melimpah, sehingga penduduk yang ingin melakukan perekaman dan penerbitan KTP-el baru bisa datang kapan saja dan tidak boleh diwakili.

‘’Untuk pencetakan KTP-el harus yang bersangkutan sendiri yang datang dan tidak boleh diwakili, sebab setelah pencetakan akan dilakukan proses aktivasi,’’ timpal Andi Made Ali, Kepala Seksi Identitas Penduduk.

Dalam sehari paling tidak Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil mencetak KTP-el sebanyak 50 keping dan sebagian besar penduduk yang dicetak KTP-elnya itu adalah wajib KTP-el baru.

Saat ini jumlah penduduk Kota Parepare yang sudah melakukan perekaman KTP-el termasuk cukup tinggi, sekitar 98 persen. Tingginya persentase itu karena penduduk juga sudah mulai paham terkait pentingnya kepemilikan dokumen kependudukan.

‘’Kami selalu menyampaikan kepada masyarakat terkait pentingnya kepemilikan dokumen kependudukan, baik itu saat pertemuan informal maupun di forum resmi. Alhamdulillah berkat itu tingkat kepemilikan dokumen kita jadi cukup tinggi,’’ tambah Adi Hidayah Saputra.

Sementara itu, selama masa Pandemi Covid-19 ini, Disdukcapil Kota Parepare membuka loket pelayanan tatap muka langsung secara terbatas dan focus melakukan penerbitan dokumen kependudukan secara daring. Perekaman langsunghanya dibuka untuk perekaman dan penerbitan KTP-el.

‘’Di luar KTP-el, kami masih melakukan pelayanan secara online, makanya jika ingin mengurus dokumen selain KTP-el, ayo manfaatkan layanan online Disdukcapil Kota Parepare,’’ tambah Andi Madeali.

Footer With Address And Phones