Wattang Bacukiki Raih Persentase Kepemilikan Dokumen Adminduk Tertinggi Di Kota Parepare

Tingkat kepemilikan dokumen kependudukan Kelurahan Wattang Bacukiki merupakan yang tertinggi di Kota Parepare, dari 1.621 wajib KTP-el di kelurahan itu, tersisa 25 jiwa penduduk yang belum melakukan perekaman KTP-el. Begitu juga dengan kepemilikan Kartu Identitas Anak (KIA), dari 713 anak, tersisa 192 anak yang belum memiliki KIA.

‘’Persentase kepemilikan dokumen administrasi kependudukan di Kelurahan Wattang Bacukiki cukup tinggi, mudah-mudahan bisa segera diikuti kelurahan lain di Kota Parepare,’’ kata Amarun Agung Hamka, S.STP, M.Si, Pelaksana
Tugas Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Parepare.

Saat ini Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Parepare terus melakukan upaya untuk meningkatkan kepemilikan dokumen adminsitrasi kependudukan, khususnya KIA, dari semua dokumen kependudukan, KIA yang persentase kepemilkannya masih rendah.

‘’Selain KTP-el, kami juga upayakan supaya kepemilikan KIA terus meningkat, saat ini persentasenya masih rendah, baru sekitar 55 persen. ada beberapa langkah yang kami sudah lakukan untuk meningkatkan kepemilkan KIA ini, salah satunya dengan membuka kembali perekaman dan penerbitan KIA di kantor, tetapi dengan catatan, tetap mengikuti protocol kesehatan,’’ tambah Hamka.

Pada kesempatan ini Hamka yang juga Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata ini menghimbau pada penduduk yang belum melakukan perekaman KTP-el dan KIA untuk datang melakukan perekaman dan penerbitan KTP-el dan KIA di Kantor Disdukcapil Kota Parepare Jalan Veteran Nomor 16.

‘’Bagi wajib KTP-el baru sebaiknya segera lakukan perekaman dan penerbitan KTP-el, saat ini blangko masih mencukupi, kalau punya kesempatan, jangan ditunda-tunda untuk melakukan perekaman lagi,’’ timpal Andi Madeali, Kepala Seksi Identitas.

Setiap bulan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Parepare juga rajin merilis daftar nama penduduk yang belum melakukan perekaman KTP-el dan tidak memiliki dokumen lain seperti KIA dan Akta Kelahiran pada 22 kelurahan, dan salah satu yang cukup proaktif menindak lanjuti daftar itu adalah Kelurahan Wattang Bacukiki.

Hasilnya kepemilikan dokumen adiministrasi kependudukan di kelurahan itu naik cukup pesat, kepemilikan KTP-el mencapai 98,46 persen serta kepemilikan KIA mencapai 73,07 persen.

Footer With Address And Phones