Peringati HUT Kota Parepare, Petugas Layanan Disdukcapil Pakai Baju Adat Saat Melayani Warga

Di hari ulang tahun Kota Parepare yang jatuh pada Hari Rabu 17 Februari 2021, ada pemandangan unik di ruang pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Parepare; semua petugas layanan yang melayani hari ini menggunakan baju adat khas Sulawesi Selatan.

‘’Ini merupakan cara kami dalam memeriahkan ulang tahun Kota Parepare, tidak meriah, tapi cukup berkesan. Banyak warga yang suka dan menyarankan kami sesekali melayani dengan menggunakan baju adat seperti ini,’’ kata Suriani, SH, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Parepare.

Hari ini Kota kelahiran Baharuddin Jusuf Habibie ini memang merayakan ulang tahunnya yang ke-61. Di tengah pandemi yang belum ada tanda-tanda akan mereda, Disdukcapil Kota Parepare senantiasa menghadirkan layanan yang tidak cuma efektif dan efisien, tapi juga membahagiakan masyarakat.

‘’Meski memakai baju adat, kami tetap menerapkan protokol kesehatan dalam melayani warga. Warga yang akan mengurus penerbitan dokumennya secara langsung harus memakai masker dan mencuci tangan sebelum masuk ke ruangan pelayanan, ’’ timpal Andi Madeali, Kepala Seksi Identitas Penduduk Disdukcapil Kota Parepare.

Saat ini, selain layanan tatap muka langsung, Disdukcapil Kota Parepare juga memiliki layanan online. Selama masa pandemi, penerbitan dokumen administrasi kependudukan secara online meningkat cukup pesat.

‘’Alhamdulillah selama ini layanan Disdukcapil sangat diapresiasi warga, rata-rata warga yang mengurus penerbitan dokumen kependudukannya merasa dimudahkan, apalagi kini warga bisa menerbitkan dokumennya dari rumah,’’ tambah Andi Madeali.

Sejauh ini, kerja-kerja yang sudah dilakukan Disdukcapil Kota Parepare berdampak cukup signifikan dalam meningkatkan kepemilikan dokumen administrasi kependudukan di Kota Parepare dengan persentase kepemilikan dokumen rata-rata di atas 95 persen. Selain itu, kinerja Disdukcapil juga diapresiasi Ombudsman RI dan Kemenpan RB.

Berbenah dan terus meningkatkan kualitas layanan penerbitan dokumen kependudukan pada penduduk Kota Parepare merupakan salah satu cara Disdukcapil Kota Parepare dalam berkontribusi untuk kemajuan Kota Parepare.

Footer With Address And Phones
Open chat
ada yang bisa kami bantu?