BKPRMI Kerjasama Disdukcapil Sosialisasi Administrasi Kependudukan

Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kota Parepare bekerjasama dengan Dinas Dukcapil Kota Parepare menggelar sosialisasi terkait administrasi kependudukan di sela-sela pertemuan Kepala Unit TKA/TPA binaan BKPRMI Kota Parepare yang berlangsung Jumat 26 Februari sampai dengan Sabtu 27 Februari 2021 di Masjid Islamic Center Kota Parepare.

‘’Kami sengaja menyisipkan acara sosialisasi adminsitrasi kependudukan di pertemuan ini untuk memberi pemahaman pada pimpinan TPA dan guru mengaji di Kota Parepare tentang pentingnya kepemilikan administrasi kependudukan, sekaligus mendorong mereka untuk menghimbau anak muridnya melakukan perekaman KIA,’’ kata Hasanuddin, S.Sos, Direktur Lembaga Pembinaan dan Pengembangan TK Al-quran (LPPTKA) BKPRMI Kota Parepare.

Pada kesempatan yang diberikan BKPRMI ini, Disdukcapil Kota Parepare mengajak semua pimpinan TPA dan guru mengaji untuk mendorong anak didiknya melakukan perekaman KIA tanpa harus harus datang ke kantor.

‘’Guru mengaji atau pimpinan TPA cukup melampirkan pas foto anak, Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran anak didiknya. Semua dokumen itu cukup difoto lalu dikirimkan ke nomor layanan Disdukcapil, bisa melalui whatsapp atau email,’’ ujar Djamaludin, staf Disdukcapil Kota Parepare yang hadir di acara sosialisasi tersebut.

Saat ini tingkat kepemilikan KIA di Kota Parepare memang terbilang rendah dibandingkan dokumen kependudukan lainnya, baru sekitar 54 persen. Padahal di tahun lalu, Disdukcapil Kota Parepare menargetkan kepemilikan KIA sudah mencapai 95 persen.

‘’Target KIA meleset karena ada pandemi dan semua sekolah diliburkan, kegiatan turun ke sekolah-sekolah terpaksa terhenti. Makanya tahun ini kami coba mengubah strategi, salah satunya bekerja sama dengan guru mengaji melalui BKPRMI,’’ jelas Andi Madeali, Kepala Seksi Identitas Penduduk.

Footer With Address And Phones