Tingkatkan Kualitas Layanan Publik, Disdukcapil Polman Studi Tiru di Parepare

Hari ini, Kamis, 25 Maret 2021, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Parepare dikunjungi tamu dari daerah tetangga, tamu ini adalah rombongan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Polewali Mandar. Mereka hendak melakukan studi tiru layanan penerbitan dokumen administrasi kependudukan di Kota Parepare.

‘’Terima kasih kami telah diterima baik di sini, kami ke sini ingin mencari masukan terkait model layanan yang ideal dalam penerbitan dokumen administrasi kependudukan,’’ ujar Nasir Adam, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Polewali Mandar,

Nasir datang ke Parepare membawa serta sejumlah Kepala Bidang, Kepala Seksi dan operator layanan.

‘’Daerah kami cukup luas dengan jumlah penduduk hampir 500 ribu jiwa, Di beberapa desa, jaringan bahkan belum tersedia sehingga membuat kami kesulitan melakukan pelayanan mobile secara online,’’ tambah Nasir Adam.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Parepare, Adi Hidayah Saputra, S.STP di hadapan Nasir dan rombongan mengungkapkan, sebagai instansi pelayanan publik, Dinas Dukcapil Kota Parepare selalu berusaha menghadirkan layanan yang tidak hanya tepat waktu, tapi juga membahagiakan masyarakat.

‘’Kami selalu berusaha menghadirkan layanan yang tidak hanya asal selesai saja, tapi juga memberikan rasa puas pada masyarakat,’’ jelas Adi Hidayah.

Selain mendengar masukan dari Kadis Dukcapil Parepare, rombongan Dinas Dukcapil Polman juga melakukan kunjungan ke ruangan pelayanan penerbitan dokumen kependudukan dan ,ruangan pengelolaan pengaduan.

‘’Mulai dari penyusunan Standar Pelayanan kami sudah melibatkan masyarakat, kami meminta masukan mereka sebelum menetapkannya,’’ tambah Adi Hidayah di hadapan rombongan.

Untuk mengukur tingkat kepuasan masyarakat, Dinas Dukcapil juga rutin melaksanakan kegiatan Survei Kepuasan Masyarakat dan mempublikannya melalui semua kanal yang dimiliki Dinas Dukcapil, baik itu melalui Facebook, Whatsapp, Website maupun Papan Pengumuman.

‘’Kami juga tidak alergi terhadap kritik, kritik itu bahkan menjadi masukan bagi kami untuk terus melakukan perbaikan. Petugas pengelola pengaduan Dukcapil setiap hari menerima telepon dan berusaha memberikan solusi terkait layanan penerbitan dokumen Adminduk,’’ timpal Hj. Asyurani, SE, Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk.

Selain menerima tamu dari Dinas Dukcapil Polman, sehari sebelumnya, Dinas Dukcapil Parepare juga menerima kunjungan dari Dinas Dukcapil Maros. Kehadiran Dinas Dukcapil Maros ini dalam rangka sharing pengalaman terkait percepatan penerbitan Kartu Identitas Anak.

‘’Kepemilkan KIA Kota Parepare sudah mencapai 60 persen lebih dan termasuk yang tertinggi di Sulsel, makanya beberapa daerah termasuk Kabupaten Maros, melakukan kunjungan ke Parepare,’’ jelas H. Lacante, S. Sos, Kepala Seksi Pendataan Penduduk Dinas Dukcapil Kota Parepare.

Footer With Address And Phones