Gali Potensi Inovasi, Peserta Diklatpim III Puslatbang LAN Kunjungi Dinas Dukcapil Parepare

Apa yang sudah dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Parepare selama ini rupanya mendapat apresiasi. Dan kali ini apresiasi itu datang dari Peserta Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklatpim) III Puslatbang LAN RI.

‘’Terima kasih kami sudah diterima baik di sini, kami ke sini untuk menggali banyak hal terkait kegiatan pelayanan publik, termasuk terkait inovasi pelayanan yang muaranya memberikan kemudahan pada masyarakat dalam mengakses layanan yang dimiliki Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Parepare, ,’’ kata Maylitha Achmad, S.Psi, MBA. Widyaiswara Puslatbang LAN RI.

Adi Hidayah Saputra, S.STP, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Parepare pada kesempatan saat menerima peserta Diklatpim III mengungkapkan, dalam melakukan pelayanan pada masyarakat, Dinas Dukcapil senantiasa memberikan kemudahan pada masyarakat.

‘’Saat ini, dengan sejumlah inovasi yang sudah kami lakukan, penduduk Kota Parepare bisa mengurus penerbitan dokumen Adminduk-nya dari mana saja dengan memakai ponsel pintar,’’ ujar Adi Hidayah.

Sejumlah inovasi yang sudah dilakukan Dinas Dukcapil Parepare memang cukup mumpuni, tidak hanya mampu meningkatkan kepemilikan dokumen administrasi kependudukan, tapi juga mampu meningkatkan kepuasan masyarakat.

Saat ini sejumlah inovasi yang dilakukan Dinas Dukcapil antara lain Lapor Hati untuk penerbitan dokumen akta kelahiran via online bagi ibu yang baru melahirkan di Rumah Sakit, Puskesmas atau fasilitas kesehatan lainnya. Inovasi ini dilakukan bekerja sama dengan Rumah Sakit, Puskesmas dan Kelurahan yang ada di Kota Parepare.

‘’Inovasi ini cukup membawa dampak signifikan, sebab anak yang baru lahir langsung bisa terdata di SIAK dan mendapatkan akta kelahiran saat itu juga,’’ tambah Adi Hidayah.
Selain itu ada juga inovasi Peka Adminduk, Mappadeceng, Saskia, Simpati, PPKM RT RW dan Lahir 913.

‘’Alhamdulillah dengan inovasi yang sudah kami lakukan, saat ini tingkat kepemilikan dokumen Adminduk Kota Parepare, termasuk yang tertinggi di Sulsel. Kualitas layanan publik kami juga mendapat apresiasi yang cukup baik dari Kementerian PAN RB dan Ombudsman RI,’’ jelas Adi Hidayah.

Setelah mendengar paparan Kepala Dinas yang kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Para peserta yang berasal dari sejumlah Kabupaten dan Kota di Sulsel dan Papua ini melakukan kunjungan ke ruang pelayanan Dinas Dukcapil Kota Parepare.

Footer With Address And Phones
Open chat
ada yang bisa kami bantu?