Inovasi On The Spot Permudah Penduduk Rentan Akses Penerbitan Dokumen Adminduk

Untuk memudahkan penduduk, khususnya penduduk disabilitas, sakit dan lansia mengakses penerbitan kependudukan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Parepare melalui inovasi On The Spot turun langsung melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik.

“Mereka yang tidak mampu datang ke kantor, kami fasilitasi dengan melakukan kunjungan langsung ke rumah. Sehingga penduduk yang lansia, sakit dan disabilitas bisa melakukan perekaman dan penerbitan KTP-el dari rumah,” kata Soemarlin, petugas inovasi On The Spot Dinas Dukcapil Kota Parepare.

Pada perekaman KTP-el yang dilakukan kali ini, petugas layanan melakukan perekaman dan penerbitan KTP-el pada empat penduduk lansia, sakit dan disabilitas. Dua penduduk yang direkam berasal dari Kelurahan Ujung Sabbang dan Lapadde Kecamatan Ujung, sedangkan dua penduduk lainnya berasal dari Kelurahan Sumpang Minangae dan Bumi Harapan Kecamatan Bacukiki Barat.

Dalam kunjungan perekaman kali ini, petugas layanan Dinas Dukcapil juga mengikut sertakan salah seorang anak yang saat ini tengah melaksanakan Prakerin di Dinas Dukcapil Parepare.

“Saya merasa senang bisa diberi kesempatan mengikuti kegiatan perekaman KTP-el di rumah penduduk, keikutsertaan ini membuat saya jadi tahu proses pelayanan publik pada masyarakat,’’ ucap Muhammad Hidayat, siswa Prakerin Dinas Dukcapil yang berasal dari SMK DDI Parepare.

“Keluarga penduduk yang direkam dan diterbitkan dokumennya berterima kasih pada kami karena telah dipermudah dalam mengakses penerbitan KTP-el” tambah Aidil Fitriansyah, selaku petugas layanan mobile di Dinas Dukcapil Kota Parepare.
Saat ini, kegiatan ini On The Spot dianggap cukup efektif membantu meningkatkan kepemilikan dokumen penduduk rentan administrasi kependudukan.

‘’On The Spot hadir untuk memudahkan warga kelompok rentan mendapatkan haknya memiliki dokumen Adminduk, dan Alhamdulillah, kegiatan yang kami lakukan selama ini mendapat apresiasi dari warga,’’ timpal H. Lacante, S.Sos, Kepala Seksi Pendataan Penduduk yang juga Inovator On The Spot.

Footer With Address And Phones
Open chat
ada yang bisa kami bantu?