Jelang Evaluasi Pelayanan Publik, Pemkot Parepare Gelar Monev Pra Penilaian

Pemerintah Kota Parepare melalui Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kota Parepare, Selasa, 21 September 2021,  menggelar monitoring dan evaluasi pada Unit Pelayanan Publik (UPP) yang instansinya akan dinilai Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi  Rabu 29 September 2021 nanti. Dua UPP yang akan dievaluasi Kementerian PAN dan RB adalah Dinas Dukcapil Kota
Parepare dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP). Monitoring dan evaluasi dilaksanakan Biro Organisasi Sekretariat Daerah Kota Parepare  dengan mendatangi langsung  kedua kantor yang akan dievaluasi tersebut.

‘’Kami melakukan kegiatan monitoring dan evaluasi ini untuk memastikan dua UPP lingkup Pemerintah Kota Parepare sudah siap dinilai Kementerian PAN dan RB. Kami juga sekaligus mengecek kelengkapan indikator yang akan dinilai, diantaranya Kebijakan Pelayanan, Kompetensi SDM, Sarana dan Prasana, Sistem Informasi Pelayanan Publik dan Pengelolaan Pengaduan,” ujar Pelaksana Tugas Asisten Admisitrasi Umum, Eko Wahyu Ariyadi S, ST, MT.

Selain kelengkapan lima indikator, Eko Aryadi beserta tim ingin mengecek langsung tindak lanjut hasil evaluasi tahun lalu.

‘’Kami juga ingin memastikan rekomendasi atau catatan tim evaluator tahun lalu sudah ditindaklanjuti oleh UPP yang akan akan dinilai tahun ini,’’ tambah Eko Aryadi.

Tahun 2021 ini sendiri merupakan tahun keempat Dinas Dukcapil dievaluasi pelayanan publiknya oleh Kementerian PAN dan RB. Setiap tahun berdasarkan hasil evaluasi tersebut, Dinas Dukcapil lalu melakukan upaya-upaya perbaikan yang tentunya bermuara pada peningkatan kualitas pelayanan publik.

‘’Apa yang menjadi saran tim penilai dan kekurangan tahun sebelumnya, selalu berusaha kami perbaiki, dan Alhamdulillah hasil perbaikan tersebut mampu secara terus menerus meningkatkan kualitas pelayanan publik pada masyarakat,’’ ujar Kepala Dinas Dukcapil Kota Parepare, Adi Hidayah Saputra, S.STP.

Tahun ini Dinas Dukcapil Kota Parepare berharap nilai kualitas pelayanannya bisa lebh baik dari tahun sebelumnya. Dan kehadiran Tim Monev Pra Evaluasi Pelayanan Publik yang memberi banyak  masukan berharga, jadi modal bagi  Dinas Dukcapil, dalam melakukan persiapan menghadapi evaluasi pelayanan publik.

‘’Tahun lalu kami dapat predikat sangat baik. Tahun ini kami tentu berharap bisa lebih dari tahun lalu. Semoga saja,’’ timpal Haji Lacante, S.Sos, Kepala Seksi Pendataan Penduduk.

Footer With Address And Phones
Open chat
ada yang bisa kami bantu?