Raih Predikat Madya, Disdukcapil Dilibatkan Evaluasi Hasil KLA

Setelah sukses meraih predikat Kota Layak Anak Kategori Madya di Tahun 2019 ini,  Pemerintah Kota Parepare melakukan evaluasi terkait perolehan hasil tersebut. Evaluasi ini diikuti sejumlah SKPD terkait diantaranya Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Dinas Pehubungan, Dinas Sosial, Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah, Dinas Pendidikan, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil,  Tahun ini Kota Parepare kembali naik peringkat dari kategori  meraih, Dinas Perpustakaan, Dinas Kominfo dan Dinas Pengendalian Penduduk dan Kelaurga Berencana.

”Ada beberapa kekurangan kita tahun ini yang harus dibenahi, diantaranya sarana bermain ramah anak yang representatif dan bersertifikat, penambahan sekolah ramah anak dan beberapa indikator lainnya,” kata Wahyuni Chalik, Sekretaris Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Andi Nila Ridha, Fasilitator Kota Parepare untuk penilaian Kota Layak Anak menitikberatkan kelemahan Kota Parepare yang harus dibenahi jika ingin naik peringkat yakni persoalan dokumentasi.

”Sebenarnya kita punya banyak kegiatan yang berkontribusi terhadap peningkatan nilai kita saat proses verifikasi atau penilaian, hanya kadang kala kita lemah di dokumentasi,” ujar Andi Nila.

Sementara itu sebagai SKPD terkait, Disdukcapil Kota Parepare  punya kontribusi yang cukup besar terhadap predikat Kota Layak Anak Kategori Madya yang diraih Kota Parepare tahun ini. Dua indikator utama yakni perolehan akta kelahiran dan KIA sudah dipenuhi dengan baik oleh Disdukcapil. Disdukcapil Kota Parepare  berharap paling tidak sampai bulan enam Tahun 2020 persentase kepemilikan KIA sudah 80 persen.

”Kalau untuk tingkat kepemilikan akta kelahiran sudah cukup tinggi, saat ini kami sedang fokus meningkatkan kepemilikan KIA, mudah-mudahan tahun depan sudah di atas 80 persen,” kata Adi Hidayah Saputra, S.STP, Kepala Bidang PIAK dan Pemanfaatan Data Disdukcapil Kota Parepare.

Pemerintah Kota Parepare sendiri menargetkan pada Tahun 2023, Kota Parepare sudah meraih predikat Kota Layak Anak Kategori Utama.

Footer With Address And Phones