Komisi I DPRD Kota Parepare Apresiasi Kinerja Dinas Dukcapil

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Parepare menerima kunjungan Anggota DPRD Kota Parepare. Kunjungan anggota dewan ini untuk memastikan hak-hak warga yang mengakses pelayanan publik penerbitan dokumen administrasi kependudukan terpenuhi.

‘’Alhamdulillah, beberapa mitra kerja kami dari DPRD Kota Parepare yang melihat langsung kondisi pelayanan, mengapresiasi kinerja Dinas Dukcapil, apresiasi dari dewan ini menjadi motivasi kami untuk terus meningkatkan kinerja pelayanan publik pada masyarakat,’’ ujar Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Parepare, Adi Hidayah Saputra, S.STP.

Pada kesempatan kunjungan ini, Anggota DPRD Kota Parepare meminta masukan Dinas Dukcpail soal apa saja yang masih harus dibenahi Dinas Dukcapil supaya kualitas pelayanan publik penerbitan dokumen Adminduk di Kota Parepare bisa lebih baik lagi.

‘’Kami menyampaikan dua hal, yang pertama bahwa kondisi ruang pelayanan idealnya di lantai satu supaya penduduk, khususnya kelompok rentan seperti disabilitas dan lansia bisa mengakses ruang pelayanan. Sedangkan yang kedua, Dinas Dukcapil butuh peremajaan peralatan pendukung pelayanan,’’ tambah Adi Hidayah.

Tapi terkait ruang pelayanan yang belum ramah pada penduduk kelompok rentan, Dinas Dukcapil menyiasati itu dengan melakukan pelayanan On The Spot atau secara langsung ke rumah penduduk kelompok rentan.

‘’Dengan layanan On The Spot, penduduk kelompok rentan bisa mengurus penerbitan dokumennya dari rumah. Begitu ada konfirmasi penduduk kelompok rentan yang membutuhkan layanan penerbitan dokumen Adminduk, kami langsung memverifikasi dan turun ke rumah penduduk yang bersangkutan melakukan pelayanan,’’ timpal Haji Lacante, S.Sos. Analis Kebijakan Muda Dinas Dukcapil.

Kunjungan Anggota DPRD Kota Parepare ini merupakan bentuk kontrol sekaligus pelaksanaan sinergitas dalam upaya mewujudkan pelayanan yang efektif, efisien dan membahagiakan masyarakat. Semoga!

ada yang bisa kami bantu?