Dinas Dukcapil Buka Layanan Pencatatan Perkawinan Di Mal Pelayanan Publik

Pelayanan pencatatan perkawinan bagi penduduk non muslim kini lebih mudah, sebab selain bisa digelar di rumah ibadah dan Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, pencatatan perkawinan bisa juga dilakukan di Mal Pelayanan Publik Pemerintah Kota Parepare, Jalan Bandar Madani. Dan terhitung mulai hari ini, Kamis, 30 Juni 2022, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Parepare sudah mulai melakukan pencatatan perkawinan di Mal Pelayanan Publik.

‘’Jadi kalau ada penduduk yang ingin dicatatkan perkawinannya dan sepanjang dokumen persyaratannya lengkap, bisa langsung dicatatkan di Mal Pelayanan Publik,’’ ujar Analis Kebijakan Ahli Muda Dinas Dukcapil Kota Parepare, Hj. Sutradara, SH.

Sutradara sendiri bersama Analis Kebijakan Ahli Muda Dinas Dukcapil lainnya, Andi Madeali, hari ini turun langsung melakukan pencatatan perkawinan pada penduduk atas nama Asri Bajo dan Magdalena Maflianti Nona di Ruangan Layanan Mandiri Mal Pelayanan Publik Pemerintah Kota Parepare, pencatatan ini dihadiri kedua mempelai, wali nikah dan saksi-saksi. Selain itu, hadir pula Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Parepare dan Kepala Bidang Perizinan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Parepare.

Pelayanan pencatatan perkawinan yang dibuka di Mal Pelayanan Publik merupakan layanan terintegrasi, selain mendapatkan Akta Perkawinan, penduduk juga mendapatkan dokumen Kartu Keluarga baru dan KTP-el.

‘’Penduduk yang dicatatkan perkawinannya di Mall Pelayanan Publik tidak hanya mendapatkan Akta Perkawinan, tapi juga mendapatkan KK dan KTP-el, berikut perubahan status kawinnya. Pelayanan pencatatan perkawinan di Mal Pelayanan Publik ini kami lakukan sebagai upaya Dinas Dukcapil untuk mendekatkan diri sekaligus memudahkan pelayanan pada masyarakat,’’ jelas Kepala Dinas Dukcapil Kota Parepare, Adi Hidayah Saputra, S.STP.

Sebagai instansi pelayanan publik yang tugas utamanya melakukan pelayanan penerbitan dokumen Administrasi Kependudukan pada masyarakat, Dinas Dukcapil Kota Parepare memang terus berupaya meningkatkan kualitas layanaannya. Dan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas layanannya itu adalah dengan menghadirkan layanan pencatatan perkawinan di Mal Pelayanan Publik milik Pemerintah Kota Parepare.

‘’Mudah-mudahan apa yang kami lakukan ini bisa berdampak pada meningkatnya kualitas layanan kami,’ harap Adi Hidayah.

Footer With Address And Phones
Open chat
ada yang bisa kami bantu?