Dinas Dukcapil Donggala Apresiasi Kualitas Layanan Dinas Dukcapil Kota Parepare

Apa yang sudah dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Parepare dalam beberapa tahun belakangan ini mendapat apresiasi dari banyak pihak. Kali ini apresiasi itu datang dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Donggala Provinsi Sulawesi Tengah.

‘’Kami datang untuk melihat sekaligus belajar banyak hal dari Dinas Dukcapil Parepare, apalagi kami dengar tingkat kepemilikan dokumen Adminduk di Kota Parepare dan kualitas pelayanannya termasuk yang diperhitungkan di Sulawesi Selatan,’’ ujar Muhammad Nur, Kepala Sub Bagian Administrasi Umum dan Kepegawaian Dinas Dukcapil Kabupaten Donggala.

Sebagai instansi pelayanan publik yang tugas utamanya melakukan penerbitan dokumen administrasi kependudukan, Dinas Dukcapil Kota Parepare memang terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan publik. Peningkatan kualitas pelayanan itu dilakukan dengan melakukan sejumlah pembenahan mendasar seperti penetapan standar pelayanan, melakukan survey kepuasan masyarakat dan menindak lanjuit hasilnya, meningkatkan kualitas petugas layanan, memperbaiki Sistem Informasi Pelayanan Publik (SIPP) dan melakukan pengelolaan pengaduan secara lebih komprehensif.

‘’Kami dalam beberapa tahun ini mencoba membenahi satu-satu masalah yang timbul dan dihadapi dalam pelaksanaan kegiatan pelayanan publik, Alhamdulillah hasilnya mulai terasa. Saat ini mengurus penerbitan dokumen Adminduk jauh lebih mudah dan menyenangkan,’’ jelas Kepala Seksi Identitas Penduduk, Andi Madeali, Kamis 21 Oktober saat menerima tamu dari Dinas Dukcapil Kabupaten Donggala.

Pembenahan yang dilakukan Dinas Dukcapil Kota Parepare memang terbukti dan mendapat apresiasi banyak pihak. Apresiasi itu di antaranya tergambar dari tingginya nilai indeks kepuasan masyarakat terhadap layanan Dukcpail dan raihan penghargaan dari sejumlah lembaga, naik itu penghargaan tingkat kota, regional maupun tingkat nasional.

‘’Kami sejak awal memang sudah berkomitmen untuk menghadirkan pelayanan yang tidak hanya efektif dan efisien, tapi juga membahagiakan masyarakat,’’ jelas Kepala Dinas Dukcapil Kota Parepare, Adi Hidayah Saputra, S.STP.

Footer With Address And Phones
Open chat
ada yang bisa kami bantu?