Dinas Dukcapil Sidrap Studi Tiru Pelayanan Dinas Dukcapil Parepare

Apa yang sudah dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Parepare rupanya mendapat apresiasi banyak pihak, dan apresiasi itu kali ini datang dari Dinas Dukcapil Kabupaten Sidrap. Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Dinas Dukcapil Kabupaten Sidrap, Muhammad Ali mengakui, dalam beberapa hal, Dinas Dukcapil Kabupaten Sidrap harus banyak belajar pada Dinas Dukcapil Parepare.

“Kami akui Dinas Dukcapil Parepare cukup maju pelayanannya, makanya kami datang melakukan studi tiru di sini, mudah-mudahan setelah belajar di sini, kami bisa mengadopsi apa yang sudah dilakukan Dinas Dukcapil Parepare,’’ jelas Muhammad Ali.

Pada kesempatan kegiatan studi tiru ini, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Dukcapil Kota Parepare melalui Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Hj. Asyurani, SE, menjelaskan pola layanan Dinas Dukcapil Kota Parepare dalam beberapa tahun belakangan ini.

‘’Pada prinsipnya, dasar kami dalam melakukan pelayanan adalah standar pelayanan, standar pelayanan ini kami tetapkan secara periodik yang penetapannya dilakukan setelah meminta masukan dari masyarakat melalui kegiatan Forum Konsultasi Publik,’’ ujar Asyurani.

Hal lain yang menjadi ciri khas layanan Dinas Dukcapil Kota Parepare lanjut Asyurani yakni petugas layanan Dinas Dukcapil Kota Parepare tetap melakukan pelayanan selama jam istirahat.

‘’Kami di sini tetap melakukan pelayanan di jam istirahat, petugas layanan diberi jadwal secara bergilir untuk melakukan pelayanan di jam istirahat. Jadi warga yang tidak memiliki kesempatan mengakses pelayanan di jam kerja, bisa datang di jam istirahat,’’ tambah Asyurani.

‘’Selain itu, layanan penerbitan dokumen Adminduk juga bisa diurus secara mandiri melalui layanan online, sedangkan bagi penduduk kelompok rentan, Dinas Dukcapil menyediakan layanan On The Spot. Penduduk kelompok rentan cukup tinggal di rumah saja, petugas Dinas Dukcapil yang akan mendatangi, melakukan perekaman dan menerbitkan dokumen Adminduknya,’’ timpal Analis Kebijakan Ahli Muda Dinas Dukcapil Kota Parepare, H. Lacante, S.Sos

Terobosan dan perbaikan layanan yang dilakukan Dinas Dukcapil Kota Parepare dalam beberapa tahun belakangan ini, cukup efektif meningkatkan Indeks Pelayanan Publik Dinas Dukcapil. Hal ini terbukti dengan capaian Kategori Sangat Baik dalam kegiatan evaluasi pelayanan publik yang dilakukan Kementerian PAN dan RB dalam beberapa tahun ini. Selain itu, Ombudsman RI memasukkan Dinas Dukcapil sebagai SKPD dengan tingkat kepatuhan tinggi atau masuk dalam zona hijau.

ada yang bisa kami bantu?