Dinas Dukcapil Sudah Terbitkan 127 Dokumen Adminduk Melalui Pelayanan Berbasis Kelurahan

Dalam sebulan terakhir ini Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Parepare sudah menerbitkan 127 dokumen administrasi kependudukan melalui pelayanan berbasis kelurahan. Pelayanan berbasis kelurahan ini dilakukan bekerjasama dengan 22 kelurahan yang ada di Kota Parepare.

‘’Pelayanan berbasis kelurahan ini bekerjasama dengan petugas di kelurahan. Warga yang ingin mengurus dokumen Adminduknya cukup datang dan menunggu di kantor kelurahan, prosesnya cukup cepat karena semua dilakukan secara online,’’ ujar Analis Kebijakan Ahli Muda Dinas Dukcapil, Syahrizal, S.STP, MM.

Syahrizal merinci, saat ini dari 22 kelurahan yang ada di Kota Parepare, dua kelurahan yakni Kelurahan Wattang Soreang dan Kelurahan Bukit Indah termasuk yang paling aktif mengurus penerbitan dokumen Adminduk warganya. Dalam sehari ada saja dokumen dari warga di dua kelurahan ini yang diproses melalui pelayanan berbasis kelurahan.

‘’Pelayanan berbasis kelurahan ini cukup efektif mengurangi jumlah penduduk yang mengakses penerbitan dokumen Adminduk secara langsung di Dinas Dukcapil,’’ timpal Kepala Dinas Dukcapil Kota Parepare, Adi Hidayah Saputra, S.STP.

Adi Hidayah berharap, pelayanan berbasis kelurahan ini bisa dimaksimalkan semua kelurahan, sehingga penduduk tidak perlu repot-repot lagi ke Dinas Dukcapil untuk mengakses penerbitan dokumen Adminduk secara langsung. Semua cukup dilakukan di kelurahan.

Pelayanan berbasis kelurahan ini merupakan satu dari sekian upaya Dinas Dukcapil untuk memberikan pelayanan yang efektif, efisien dan memudahkan masyarakat. Waktu yang biasa digunakan penduduk hanya untuk mengurus penerbitan dokumen di Dinas Dukcapil, kini bisa digunakan untuk kegiatan produktif lainnya.

Berkat sejumlah inovasi termasuk pelayanan berbasis kelurahan ini, kini tingkat kepemilikan dokumen Adminduk sudah mencapai 90 pesen lebih. Begitu juga dengan kualitas pelayanan publik Dinas Dukcapil yang sudah masuk kategori sangat baik.

‘’Alhamdulillah kerja-kerja kolaborasi yang kita lakukan selama ini mendapat apresiasi banyak pihak. Baru-baru ini kami baru saja menerima penghargaan sebagai unit pelayanan publik dengan kategori pelayanan sangat baik dari Kementerian PAN dan RB,’’ tambah Adi Hidayah.

Footer With Address And Phones
Open chat
ada yang bisa kami bantu?