Dinas Dukcapil Terima Seribu Lebih Layanan Konsultasi dan Pengaduan Dalam Tiga Bulan Ini

Berfungsinya layanan konsultasi dan pengaduan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil rupanya dimanfaatkan betul masyarakat Kota Parepare yang hendak mengakses penerbitan dokumen Adminduk. Dalam tiga bulan terakhir di Tahun 2022 ini, petugas layanan konsultasi dan pengaduan setidaknya sudah menerima 1.064 aduan dan konsultasi terkait layanan Adminduk.

‘’Sebagian besar penduduk yang menghubungi layanan konsultasi dan pengaduan kami, rata-rata ingin menanyakan prosedur penerbitan dokumen Adminduk, khususnya prosedur mengurus pindah penduduk, baik itu pindah datang maupun pindah keluar dari Kota Parepare,’’ kata Operator Layanan Konsultasi dan Pengaduan, Nurmiati Nurdin, S.Si.

Nurmiati menambahkan, sebagian besar penduduk yang sudah melek teknologi dan ingin mengakses penerbitan dokumen Adminduk, baik itu melalui tatap muka langsung maupun secara daring, menghubungi nomor layanan konsultasi dan pengaduan Dinas Dukcapil.

‘’Jadi sebelum mengurus penerbitan dokumen Adminduk, biasanya penduduk menelpon kami dulu, menanyakan persyaratan dan prosedurnya. Hal ini dilakukan penduduk untuk memastikan dokumen pendukung yang dibutuhkan untuk mengakses penerbitan dokumen Adminduk sudah lengkap.,’’ jelas Nurmiati.

Aktifnya layanan konsultasi dan pengaduan Dinas Dukcapil dalam beberapa tahun ini, diapresiasi banyak pihak, khususnya masyarakat penerima layanan penerbitan dokumen Adminduk. Hal ini terbukti dalam beberapa survei yang dilakukan Dinas Dukcapil. Dari Sembilan per unsur layanan yang di survei, perunsur pengelolaan pengaduan selalu mendapat nilai tertinggi.

‘’Dari layanan konsultasi dan pengaduan ini juga kami mendapat banyak masukan dari masyarakat. Masukan ini kemudian menjadi acuan kami untuk memperbaiki kualitas layanan,’’ ungkap Kepala Dinas Dukcapil Kota Parepare, Adi Hidayah Saputra, S.STP.

Capaian sejumlah penghargaan yang diraih Dinas Dukcapil Kota Parepare dalam beberapa tahun ini, juga tidak lepas dari kontribusi pengelolaan konsultasi dan pengaduan yang sudah terlaksana dengan cukup efektif.

Penduduk Kota Parepare sendiri yang ingin mengakses layanan konsultasi dan pengaduan Dinas Dukcapil, bisa menghubungi nomor 0811 415 227 / 0811 428 227, e-mail: [email protected] atau bisa juga melalui website https://disdukcapil.pareparekota.go.id

Footer With Address And Phones
Open chat
ada yang bisa kami bantu?