Dua Inovasi Dinas Dukcapil Masuk 10 Besar Lomba Inovasi Tingkat Kota Parepare

Dua inovasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Parepare yakni Melayani Penerbitan Dokumen Administrasi Kependudukan Secara Terintegrasi dan Membahagaiakan (MAPPADECENG) dan Kerjasama Sinkronisasi Data Kependudukan Terpadu (KAMASUTRA) masuk 10 besar Lomba Inovasi Daerah Tingkat Kota Parepare.

‘’Alhamdulillah, dua inovasi kami lolos 10 besar. Lolosnya dua inovasi ini menjadi bukti jika yang kami lakukan selama ini bermanfaat bagi masyarakat,’’ ujar Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Parepare, Adi Hidayah Saputra, S.STP.

Inovator MAPPADECNG, Hj. Suriani Rincing, SE mengungkapkan, MAPPADECENG merupakan sebuah inovasi yang memungkinkan penduduk bisa menerbitkan dokumen administrasi kependudukan dari rumah atau dari tempat kerja.

‘’Dengan inovasi ini, penduduk yang ingin menerbitkan dokumen administrasi kependudukannya tidak perlu datang ke kantor lagi, mereka cukup mengirimkan dokumen persyaratan menggunakan smartphone. Setelah melalui verifikasi dan memenuhi syarat, dokumen Adminduk diterbitkan petugas layanan dalam format pdf. Dokumen format pdf ini kemudian dikirimkan admin MAPPADECENG ke pemohon. Pemohon bisa mencetak dokumennya secara mandiri menggunakan kertas HVS 80 gram ukuran A4,’’ jelas Suriani yang juga Kepala Seksi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan.

Inovasi MAPPADECENG tambah Suriani, memang dikenal memberikan kemudahan pada warga dalam mengakses penerbitan dokumen Adminduk, sebab dengan menggunakan media MAPPADECENG, penduduk kini bisa menggunakan waktu yang biasa dipakai mengurus penerbitan dokumen Adminduk untuk kegiatan produktif lainnya.

Inovasi lain, KAMASUTRA, juga masuk 10 besar karena dianggap memberikan kemudahan dalam mendukung kegiatan pelayanan publik di instansi lain.

‘’KAMASUTRA ini membantu penduduk dalam memverifikasi keabsahan data penduduk warga penerima bantuan sosial, sehingga warga yang menerima bantuan dari instansi pemerintah benar-benar terjamin keakuratan dan keabsahannya,’’ ujar Achmad Kitzal, SE, salah satu inovator KAMASUTRA.

‘’Semoga saja dengan lolosnya dua inovasi Dinas Dukcapil ini, semakin melecut semangat segenap pegawai dan petugas layanan untuk terus memberikan pelayanan yang terbaik dan membahagiakan masyarakat,’’ harap Adi Hidayah.

Footer With Address And Phones
Open chat
ada yang bisa kami bantu?