Jumlah Penduduk Kota Parepare Saat Ini Sebanyak 154.524 Jiwa

Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri belum lama ini merelease data jumlah penduduk di seluruh Indonesia, termasuk Kota Parepare. Dari publikasi data tersebut diketahui bahwa saat ini jumlah penduduk Kota Parepare sebanyak 154. 524 jiwa dengan proporsi jumlah penduduk perempuan sedikit lebih banyak dibandingkan dengan penduduk laki-laki.

‘’Kami sudah menerima publikasi data penduduk semester dua Tahun 2021. Jumlah penduduk Kota Parepare saat ini secara keseluruhan sebesar 154.524 jiwa. Rinciannya 76.663 jiwa penduduk laki-laki dan 77.861 jiwa penduduk perempuan,’’ papar Analis Kebijakan Ahli Muda Dinas Dukcapil Kota Parepare, Siti Nadirah Dahlan, ST.

Dari jumlah penduduk sebanyak itu, komposisi penduduk terbesar berada di Kecamatan Soreang dengan jumlah penduduk sebanyak 48.082 jiwa. Sedangkan proporsi penduduk terkecil berada di Kecamatan Bacukiki dengan jumlah penduduk sebanyak 24.445 jiwa. Jumlah penduduk di Kecamatan Bacuki Barat dan Kecamatan Ujung masing-masing sebanyak 46.606 jiwa dan 35.391 jiwa

‘’Jadi jumlah penduduk di Kecamatan Soreang ini termasuk yang paling banyak. Kantung-kantung penduduk kecamatan ini terpusat di Kelurahan Bukin Indah, Bukit Harapan dan Wattang Soreang,’’ jelas Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Parepare, Adi Hidayah Saputra, S.STP.

Sebagai instansi pelayanan publik yang salah satu outputnya adalah tercapainya data kependudukan yang akurat, valid dan terupdate, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Parepare terus berupaya meningkatkan kepemilikan dokumen Adminduk penduduk Kota Parepare.

‘’Sebab dengan meningkatnya kepemilikan dokumen Adminduk seperti KTP-el, KIA, Akta Kelahiran, Akta Kematian dan Akta Pencatatan Sipil Lainnya, maka otomatis biodata penduduk akan rapih dan berdampak pada keakuratan data kependudukan Kota Parepare,’’ tambah Siti Nadirah.

Dibandingkan tahun-tahun ang lalu, saat ini data kependudukan Kota Parepare memang jauh lebih rapih dan mendekati dengan data real penduduk Kota Parepare. Kerapihan data ini bisa tercapai berkat kerja profesional dan terukur yang dilakukan dalam beberapa tahun terakhir ini.

Footer With Address And Phones
Open chat
ada yang bisa kami bantu?