Migrasi Data dan Implementasi SIAK Terpusat Berjalan Lancar, Layanan Dinas Dukcapil Kembali Normal

Migrasi data dan impelementasi SIAK terpusat yang dilaksanakan mulai hari ini, Senin 28 Maret 2022 di semua Kabupaten/Kota di Sulawesi Selatan berjalan sukses. Suksesnya migrasi data ini membuat pelayanan di Dinas Dukcapil Kota Parepare kembali berjalan normal.

‘’Alhamdulillah pelayanan penerbitan dokumen Adminduk sudah kembali normal, warga sudah bisa kembali mengakses penerbitan dokumen Adminduk, baik itu melalui tatap muka langsung maupun secara daring atau online,’’ ujar Kepala Dinas Dukcapil Kota Parepare, Adi Hidayah Saputra, S.STP.

Migrasi data dan implementasi SIAK terpusat merupakan program Kementerian Dalam Negeri untuk mewujudkan sumber data secara nasional dan terintegrasi.

‘’Selain data lebih terintegrasi secara nasional, migrasi data dan impelemntasi SIAK terpusat ini juga merupakan langkah strategis Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri menuju digitalisasi layanan Adminduk secara nasional,’’ tambah Adi Hidayah.

Analisis Kebijakan Ahli Muda Dinas Dukcapil Parepare, Andi Madeali mengungkapkan, saat ini penduduk masih tetap bisa mengakses penerbitan dokumen Adminduk, meski migrasi data ke dalam SIAK terpusat masih sementara berlangsung.

‘’Penduduk yang mengurus penerbitan dokumen Adminduknya, baik itu datang secara langsung di kantor maupun secara online masih tetap kami layani,’’ jelas Andi Madeali

Migrasi data ke dalam SIAK terpusat sendiri membuat database kependudukan menjadi lebih aman karena tersimpan dalam satu database secara nasional dan tidak terdistribusi ke masing-masing daerah lagi.

‘’Dengan terpusatnya data base kependudukan secara nasional, maka kita tidak akan menemukan lagi penduduk yang datanya tidak terbaca di lembaga layanan publik seperti Perbankan, BPJS Kesehatan dan lainnya, ’’ timpal Administrator Database Kependudukan, Achmad Kitzal, SE.

Footer With Address And Phones
Open chat
ada yang bisa kami bantu?