Disdukcapil Terbitkan 734 KIA Selama Festival TP

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Parepare menerbitkan 734 Kartu Identitas Anak (KIA) selama Festival TP yang berlangsung di Alun-alun Lapangan Andi Makassau. Dari perekaman dan penerbitan KIA selama Tujuh hari itu, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil paling banyak menerbitkan di hari terakhir, Rabu 26 Februari malam.

‘’Kami paling banyak menerbitkan KIA di hari terakhir, paling tidak ada 282 KIA yang diterbitkan operator di hari itu, banyak anak-anak yang datang melakukan perekaman KIA secara berombongan,’’ kata Adi Hidayah Saputra, S.STP, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Parepare.

Meski jumlah yang merekam tidak sebanyak tahun lalu, tapi perekaman KIA selama di Festival TP ini cukup berktrobusi untuk meningkatkan kepemilikan KIA di Kota Parepare. Hingga saat ini jumah penduduk yang sudah memiliki KIA di Kota Parepare sebanyak 27.001 orang.

‘’Tingkat kepemilikan KIA di Kota Parepare sudah mencapai 54,93 persen atau dari 49.149 anak di Kota Parepare, 27.001 anak sudah memiliki KIA, ‘’ ujar Hj. Asyurani, SE, Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Kota Parepare.

‘’Setelah dari Festival TP ini, kami akan kembali turun melakukan perekaman ke sekolah-sekolah, cara ini paling efektif untuk meningkatkan kepemilikan KIA di Kota Parepare. Khusus Kecamatan Ujung, hampir semua sekolah sudah kami datangi. Sekolah yang masih kurang kami kunjungji ada di Kecamatan Bacukiki dan Bacukiki Barat, makanya untuk bulan Maret ini, kami akan mulai melakukan perekaman di dua kecamatan tersebut,’’ timpal H. La Cante, S.Sos, Kepala Seksi Pendataan Penduduk Disdukcapil Kota Parepare.

Sebagai produk layanan baru, Disdukcapil Kota Parepare terus berupaya meningkatkan kepemilikan KIA di Kota Parepare, sebab dibandingkan kepemilikan dokumen lainnya, KIA termasuk yang persentasenya masih terbilang rendah. Jika dokumen lain tingkat kepemilikannya sudah di atas 95 persen, maka kepemilikan KIA di Kota Parepare baru mendekati 55 persen.

‘’Tapi kami optimis tahun ini bisa menuntaskan perekaman KIA di Kota Parepare, kami sudah komitmen untuk itu, apalagi sarana dan pra sarana yang kami miliki sudah cukup memadai untuk turun melakukan perekaman keliling,’’ tambah H. Lacante.

Footer With Address And Phones