Disdukapil Rekam Cetak 182 Dokumen Adminduk Di Kelurahan Tiro Sompe

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Parepare melakukan perekaman dan pencetakan KTP-el dan KIA di Kelurahan Tiro Sompe sehari penuh, Sabtu 20 Maret 2021. Selama perekaman yang berlangsung di Kantor Kelurahan Tiro Sompe itu, petugas layanan mobile Dinas Dukcapil berhasil merekam 182 orang wajib KTP-el dan KIA.

‘’Ada 182 orang yang kami rekam hari ini, rinciannya 64 orang perekaman KTP-el dan 118 orang perekaman KIA, kami harap kegiatan ini bisa meningkatkan persentase kepemilikan dokumen Adminduk di Kota Parepare, khususnya KIA,’’ kata Andi Madeali, Kepala Seksi Identitas Penduduk.

Andi Madeali yang bertindak sebagai kordinator pada kegiatan ini mengungkapkan, dari 64 penduduk yang melakukan perekaman KTP-el, baru 23 penduduk yang langsung diterbitkan KTP-elnya saat itu juga.

‘’Sedangkan sisanya otomatis akan diterbitkan saat mereka berusia 17 tahun, Tahun ini Dirjen Dukcapil Kemendagri memang membuka akses semua penduduk kelahiran 2004 untuk melakukan perekaman KTP-el, sehingga mereka bisa ikut direkam, tapi dengan catatan, KTP-el mereka baru bisa terbit saat berusia 17 tahun, sedangkan KIA, semuanya dicetak saat itu juga,’’ tambah Andi Madeali.

Tahun ini, Dinas Dukcapil pelan-pelan mulai turun jemput bola perekaman KTP-el dan KIA, perekaman ini terutama untuk meningkatkan kepemilikan KIA yang baru sekitar 60 persen. Dibandingkan dokumena lainnya, kepemilikan KIA di Kota Parepare memang tergolong rendah, sehingga dengan turun langsung jemput bola ini, diharapkan persentase KIA bisa naik signifikan tahun ini.

‘’Kami harap tahun ini kepemilikan KIA bisa mencapai 90 persen. Kami turun dengan memperhatikan protokol kesehatan,’’ ujar Adi Hidayah Saputra, S.STP, Kepala Dinas Dukcapil Kota Parepare.

Lurah Tiro Sompe, Andi Muliadi, SH mengaku senang dikunjungi Dinas Dukcapil hari ini dan dia berharap bisa dikunjungi Tim Pelayanan Mobile Dinas Dukcapil lagi dalam waktu dekat ini.

‘’Ini baru dari RW 5 yang kami jadwalkan perekamannya hari ini, mudah-mudahan dalam waktu dekat kami bisa dikunjungi lagi untuk perekaman dari RW lainnya,’’ ujar Andi Muliadi.

Layanan mobile yang dilakukan Dinas Dukcapil di hari Sabtu di kelurahan ini, salah satunya menyasar penduduk yang tidak memiliki kesempatan mengurus penerbitan dokumennya di hari kerja.

‘’Sehingga mereka bisa mengurus dokumennya saat hari libur, terima kasih Dukcapil, kami sangat terbantu dengan pelayanan mobile ini,’’ ungkap Andi Muliadi.

Footer With Address And Phones