Kini, Tingkat Kepemilikan KIA Kota Parepare Sudah Mencapai 44 Persen

Tingkat kepemilikan Kartu Identitas Anak (KIA) di Kota Parepare naik cukup signifikan dalam beberapa bulan terakhir ini, dari sebelumnya hanya 15 persen di Tahun 2018, kini di Tahun 2019, tingkat kepemilikan KIA sudah mencapai 44 persen.

‘’Alhamdulillah perekaman KIA sudah mencapai 44 persen, ini berkat kerja keras yang dilakukan semua pihak; operator perekaman KIA, pihak sekolah hingga siswa peserta didik,’’ kata Saifullah, SIP, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Parepare.

Untuk meningkatkan kepemilikan KIA, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Parepare dalam setahun ini memang rajin turun ke sekolah-sekolah dan sejumlah lokasi strategis yang memungkinkan dilakukan perekaman Kartu Identitas Anak. Saat ini, paling tidak sudah 40 lebih sekolah yang sudah dikunjungi untuk menjangkau siswa sekolah yang tidak bisa datang melakukan perekaman di kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Parepare.

‘’Kami sengaja turun ke sekolah-sekolah supaya mereka yang tidak bisa ke kantor karena sedang sekolah bisa memiliki KIA, mereka cukup membawa foto copi Kartu Keluarga dan foto copi Akta Kelahiran. Setelah dicek kesesuaian antara dokumen kependudukan dengan data yang ada di Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK), maka bisa langsung direkam. Kalau belum sesuai maka bisa langsung diperbaiki sebelum direkam,’’ ujar Adi Hidayah Saputra, S.STP, Kepala Bidang PIAK dan Pemanfaatan Data Disdukcapil Kota Parepare.

Saat ini, dari data yang ada dalam data base SIAK, jumlah kepemilikan KIA sudah mencapai 21.224 orang dari 46 ribu lebih penduduk wajib KIA. Di antara dokumen kependudukan lain, kepemilkan KIA memang masih terbilang rendah, sebab rata-rata kepemilikan dokumen lain sudah di atas 95 persen.

‘’Kepemilikan KIA masih rendah dan kita genjot untuk tingkatkan kepemilikannya karena KIA memang merupakan dokumen baru yang terbit setelah keluarnya Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 2 Tahun 2016 tentang Kartu Identitas Anak,’’ jelas Saifullah.

Saifullah berharap, paling tidak di akhir 2020, kepemilikan KIA sudah di atas 90 persen lebih.

‘’Kalau antusiasme siswa didik seperti saat ini, kami yakin bisa memenuhi target tersebut,’’ harap Saifullah.

Footer With Address And Phones