Evaluasi Unit Pelayanan Publik, Dinas Dukcapil Menuju Role Model Pelayanan Publik

Sebagai Unit Pelayanan Publik (UPP) yang menyelenggarakan pelayanan publik penerbitan dokumen administrasi kependudukan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Parepare termasuk UPP yang ikut dievaluasi kinerjanya oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Evaluasi tersebut dilaksanakan secara virtual, Rabu 29 September 2021.

‘’Kami berharap bisa lebih baik dari tahun sebelumnya atau bisa menjadi role model pelayanan di tahun ini,’’ kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Parepare, Adi Hidayah Saputra, S.STP

Dalam beberapa tahun ini, Dinas Dukcapil memang terus berbenah meningkatkan kualitas pelayanan publik penerbitan dokumen administrasi kependudukan dengan melibatkan semua pihak, mulai dari penyusunan kebijakan pelayanan, peningkatan kompetensi SDM pelayanan, pembenahan sarana dan prasarana, Sistem Informasi Pelayanan Publik (SIPP), pengelolaan konsultasi dan pengaduan dan pelaksanaan inovasi.

‘’Enam aspek yang menjadi dasar dalam pemberian pelayanan publik yang sudah ditetapkan Kementerian PAN dan RB kami benahi satu-satu dan Alhamdulilah pembenahan ini berdampak pada peningkatan kualitas pelayanan publik kami pada masyarakat penerima layanan di Kota Parepare,’’ timpal Hj. Asyurani, SE, Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk.

Pada tahun 2020, hasil evaluasi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi untuk UPP Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Parepare, masuk dalam kategori Sangat Baik atau mendapat nilai A- dengan nilai 4,21. Nilai ini jauh lebih baik dibandingkan nilai hasil evaluasi Tahun 2019. Tahun ini Dinas Kependudukan dan
Pencatatan Sipil Kota Parepare berharap bisa menjadi role model pelayanan publik.

Tahun ini, selain melakukan evaluasi terhadap Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Parepare, Kementerian PAN dan RB juga melakukan evalausi terhadap Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Parepare yang pelaksanaan evaluasinya dilakukan di hari yang sama, Rabu 29 September 2021.

‘’Kami tentunya berharap dua OPD Kota Parepare yang ikut evaluasi ini sudah bisa naik kelas, apalagi apa yang mereka lakukan selama ini cukup mendapat apresiasi banyak pihak dan juga berdampak terhadap peningkatan kualitas pelayanan publik di Kota Parepare,’’ jelas Maizal, Analis Kebijakan Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kota Parepare yang pada kesempatan ini mendampingi Dinas Dukcapil saat evaluasi UPP. .

Footer With Address And Phones
Open chat
ada yang bisa kami bantu?